RSS

Pages

Bidang-bidang Akuntansi


BIDANG-BIDANG AKUNTANSI

a.        Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
Objek kegiatan : transaksi keuangan yang sudah terjadi yang menyangkut perubahan aktiva, kewajiban dan ekuitas perusahaan.
Tujuan : menyediakan laporan keuangan untuk kepentingan pihak intern perusahaan (manajemen) dan pihak-pihak ekstern seperti bank, investor, kreditor, pemerintah, dan masyarakat umum.

b.       Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
Objek kegiatan : transaksi keuangan yang berhubungan dengan biaya, terutama biaya-biaya yang berhubungan dengan pengolahan bahan baku menjadi produk jadi.
Tujuan : menyediakan informasi biaya untuk kepentingan intern perusahaan (manajemen), antara lain harga pokok produk yang diperlukan untuk menentukan harga jual dan penyusunan laporan keuangan. Hasil akhir proses akuntansi biaya adalah laporan harga pokok produksi (statement of cost of goods manufactured).

c.        Akuntansi Manajemen (Management Accounting)
Pengertian : bidang akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan pengumpulan dan pengolahan data historis dan data taksiran.
Tujuan : menyediakan data yang diperlukan manajemen dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, dan dalam penyusunan rencana kegiatan operasi di masa mendatang.

d.       Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)
Pengertian : bidang akuntansi yang berhubungan dengan kegiatan pemeriksaan terhadap catatan hasil kegiatan akuntansi keuangan.
Kegiatan : bersifat pengujian atas kelayakan laporan keuangan.
Laporan dinyatakan layak jika proses penyusunannya sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang lazim, sesuai Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

e.        Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)
Pengertian : berhubungan dengan penentuan objek pajak yang menjadi tanggungan perusahaan serta penghitungannya.
Kegiatan :membantu manajemen dalam menentukan pilihan-pilihan transaksi yang akan dilakukan, sehubungan dengan pertimbangan perpajakan.

f.         Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)
Pengertian : berhubungan dengan pengumpulan dan pengolahan data operasi keuangan yang sudah terjadi serta taksiran kemungkinan yang akan terjadi, untuk kepentingan penetapan rencana operasi keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu.

g.       Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)
Pengertian : bidang akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan masalah pemeriksaan keuangan negara atau disebut administrasi keuangan negara.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

contohnya?

Unknown mengatakan...

tq

Posting Komentar