RSS

Pages


JENIS-JENIS BUKTI TRANSAKSI
Kuitansi
            Kuitansi adalah bukti transaksi penerimaan uang untuk pembayaran sesuatau. Kuitansi dibuat dan ditandatangani oleh pihak yang menerima uang dan diserahkan kepada pihak yang melakukan pembayaran. Bagi suatu perusahaan, kuitansi yang diterima dari pihak lain merupakan bukti pembayaran kepada pihak yang bersangkutan. Sementara kuitansi yang diserahkan kepada pihak lain merupakan bukti penerimaan kas dari pihak yang bersangkutan.


Cek
            Cek merupakan surat perintah kepada bank dari orang yang menandatanganinya, untuk membayarkan sejumlah uang yang tertulis dalam cek kepada pembawa atau kepada orang yang namanya ditulis dalam cek. Apabila didalam lembaran cek ditulis nama orang kepada siapa pembayaran harus dilakukan, cek yang bersangkutan hanya bisa diuangkan ke bank oleh orang yang namanya ditulis dalam cek. Tetapi jika didalam lembaran cek setelah kepada …….ditulis kata tunai atau chas atau pembawa, cek yang bersangkutan dapat diuangkan ke  bank oleh siapa saja.

Bilyet Giro
            Bilyet giro merupakan surat perintah dari nasabah suatu bank kepada bank yang bersangkutan, untuk memindah bukukan sejumlah uang dari rekeningnya kedalam rekening yang namanya tertulis dalam bilyet giro pada bank yang sama atau pada bank yang lain. Pihak penerima tidak bisa menguangkan bilyet giro kepada bank yang bersangkutan, tetapi harus menyetorkan kepada bank tempat rekeningnya sebagai tambahan simpanan.

Faktur
            Faktur adalah bukti transaksi pembelian atau penjualan barang dengan pembayaran kredit. Faktur dibuat oleh pihak penjual dan diserahkan kepada pihak pembeli bersama-sama dengan barang yang dijual. Bagi pihak pembeli, faktur yang diterima dari pihak penjual merupakan faktur pembelian yang digunakan sebagai bukti transaksi pembelian barang. Bagi pihak penjual, faktur yang dikirimkan kepada pihak pembeli merupakan faktur penjualan. Lembar kedua dan faktur yang bersangkutan digunakan sebagai bukti transaksi penjualan barang.

Nota Kontan
Nota kontan dipergunakan sebagai bukti transaksi pembelian atau penjualan tunai.


Nota Kredit/Debet
Nota kredit adalah bukti transaksi penerimaan kembali barang yang telah dijual secara kredit , atau pengurangan harga faktur karena barang sebagian rusak atau kualitas yang tidak sesuai dengan pesanan. Nota kredit dibuat oleh pihak penjual dan dikirimkan kepada pihak pembeli.
            Dipandang dari pihak pembeli, barang yang dikembalikan kepada pihak penjual karena rusak atau permohonan pengurangan harga faktur yang disetujui pihak penjual disebut “retur pembelian”. Apabila bukti transaksi tersebut dibuat oleh pihak pembeli dan dikirimkan kepada penjual, nota yang bersangkutan disebut Nota Debet.

Bukti Memorial




            Bukti memorial merupakan bukti transaksi intern dalam bentuk memo dari pejabat dalam perusahaan kepada bagian akutansi, untuk mencatat suatu peristiwa atau keadaan yang sifatnya intern.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar